in

Mengenal Kontes SEO (Search Engine Optimization)

Kontes SEO (Search Engine Optimization) menjadi salah salah ajang dimana penyelenggara dapat mengambil keuntungan besar dari kontes ini. Kontes SEO dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk mem-branding atau mempromosikan produk, baik dalam bentuk fisik atau jasa. Namun, jangan salah cara (kontes SEO) ini tidak hanya berdampak positif saja, bisa jadi malah menghasilkan dampak negatif.

Apa itu SEO (Search Engine Optimization)

Search Engine Optimization adalah cara dimana seseorang melakukan optimasi terhadap website/blog tertentu agar dicintai search engine. Dengan teknik ini merupakan cara terbaik untuk website/blog supaya lebih mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dst.

Akan tetapi tindakan optimasi ini jangan sampai salah melakulannya karena bisa berakibat fatal pada website/blog yang Anda kelola. Kadang kala si webmaster berlebihan dalam melakukan optimasi sehingga dianggap melanggar atau menyalahi aturan main yg diberlakukan search engine.

Kontes SEO (Search Engine Optimization)

Kontes SEO (Search Engine Optimization) sudah tidak asing lagi bagi para Blogger Indonesia karena mereka selalu menjadi peserta dalam setiap pergelaran kontes ini. Kontes ini menjadi ajang dimana para Blogger Berburu Dollar atau Rupiah di Era digital.

Kontes SEO memang sangat menggiurkan bagi para pesertanya. Sebab dengan cara menulis artikel yang dilombakan kemudian diposting di website/blog mereka sudah bisa mendapatkan uang.

Apakah semudah itu? Tentu saja tidak karena setelah memposting masih banyak PR yang harus dilakukan. Bagi para Blogger yang tidak memiliki skill memadai tentang optimasi akan menjadi sangat sulit keluar sebagai pemenang. Tetapi bagi para Webmaster soal optimasi tidak lagi menjadi persoalan.

Memang beberapa tahun terakhir Kontes SEO ini banyak menimbulkan permasalahan baik dari kalangan penyelenggara sendiri maupun dari peserta kontes. Pertama, permasalahan yang sering dialami oleh para penyelanggara kontes mereka merasa dicurangi bahkan mereka tidak mendapatkan efek positif dari Kontes SEO yang diharapkan. Permasalahan lainnya mereka merasa dirugikan ketika si peserta memiliki website yang nofollow alias bukan dofollow. Padahal harapan para penyelenggara berharap semua peserta memiliki website dofollow.

Kedua, para peserta kontes pasti banyak yang merasa dirugikan karena mereka sudah banyak meluangkan waktu tapi malah tidak keluar sebagai peserta atau malah hadiah yang diperoleh tidak sesuai. Hal ini memang sudah biasa terjadi bagi para peserta kontes apa pun bentuknya.

Memang sebaiknya para penyelenggara kontes SEO harus lebih maksimal lagi dan lebih ketat dalam menyelenggarakan kontes ini. Setidaknya para penyelenggara tidak terlalu menghemat anggaran agar setiap peserta tidak kecewa pasca pengumuman pemenang. Dengan cara memberikan bingkisan kepada seluruh peserta kontes SEO dan membatasi jumlah kontestan.

Apakah Anda tertarik untuk menulis? Submit Sekarang!!!

Newbe

Ditulis oleh AHMAD SYAUQI

Pengguna Media Sosial