in

Panen Raya, Budidaya Ikan Lele Kube PKH Desa Wirajaya Dinilai Berhasil

Jasinga. Sebanyak 8 kwintal lele berhasil di panen oleh Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Program Keluarga Harapan (PKH) Ds. Wirajaya Kec. Jasinga Kab. Bogor.

Hadirnya Kube Budidaya Ikan lele atas kerjasama antara PPKH Kab. Bogor dengan Dinas Perternakan & Perikanan Kab. Bogor.Yang secara langsung di berikan berupa barang kepada 10 orang Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH Ds. Wirajaya Kec. Jasinga secara sibolis.

Setelah jalan 3 bulan dari awal penyemaian sampai akhir 9 kolam lele sudah siap dipanen, 1 kolam lagi belum siap karena ikan lele belum masuk ke ukuran pembeli. Namun Anton sebagai pendamping PKH dan Kube tersebut membuat terobosan baru yakni membuat sebuah Trophy atau piala. Yang bertujuan untuk memotivasi anggota kube agar mau bertanggung jawab dan merasa di hargai atas jerih panyahnya selama merawat kube tersebut. Selain itu ia pun meningkatkan pengawasan serta monitoring berkala untuk mengukur tingkat keberhasilan kube budidaya ikan lele tersebut.

Hasil panen raya ini cukup memuaskan karena hampir semua kolam medapatkan rata rata 80 Kg yang di panen. Seharusnya panen lebih dari 80 Kg bahkan sampai 1 kwintal per kolam karana pendamping kube menyarankan untuk membagikan sebagian kecil untuk tetangga terdekat untuk mencicipi hasil panen tersebut. Selain panen lele kube ini pun panen sayuran yakni, kangkung, salad dan syuran lainnya yang di tanam di atas kolam terpal itu dengan system Yumina Bumina.

Panen terbaik di raih oleh Ibu Markah dengan total panen sebanyak 102Kg di susul terbaik dua dan tinga masing-masing 90 dan 82 Kg yang secara simbolis di serahkan langsung oleh ketua RW Bapak Jamal Tandas Anton.

Hasil dari panen ikan lele ini di jual dengan seharga Rp. 14.000/Kg dengan menghasilkan uang sebanyak Rp. 11.200.000,- yang akan di putarkan kembali untuk budidaya ikan lele di tahap 2 nanti.

Ibu Darminah salah-satu penerima kube tersebut menyampaikan “Bayak-bayak terimaksih kepada Pendamping PKH serta pihak-pihak yang terlibat atas di berikannya program Kube ini. Masyarakat sangat senang menyambut program ini dari awal sampai ketitik panen ini.”

“Anton berharap dengan adanya program usaha bersama ini bagi penerima PKH menjadi suatu tambahan penghasilan dan di kemudian hari bisa mandiri sejahtera, selain itu ucapan terimaksih kepada PPKH Kec. Jasinga, PPKH Kab. Bogor, Dinas Sosial Kab. Bogor serta Dinas Perikanan dan Perternakan Kab. Bogor atas program yang diberikan kepada KPM Ds. Wirajaya. Di kemudian hari bantuan seperti ini di perbanyak dan di tingkatkan kembali, tambah Anton sebagai Pendamping Kube PKH.”

Apakah Anda tertarik untuk menulis? Submit Sekarang!!!

Newbe

Ditulis oleh n4jib

Pegiat Sosial