in

3 Cara Meningkatkan CPC (Biaya Per Klik/BPK) Google Adsense

CPC (Cost Per Click) Google Adsense atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan Biaya Per Klik (BPK) pada dasarnya sangat tergantung pada permintaan pengiklan/advertiser dan bisa dikatakan sulit untuk dikontrol. Naik turunnya CPC/BPK sangat tergantung pada pengiklan/advertiser dan pada musim tertentu.

Disisi yang lain kaitannya dengan CPC/BPK Adsense dalam sehari bisa berubah berkali-kali, baik nilai/harganya naik atau malah turun. Intinya hal tersebut dapat dipengaruhi banyak faktor.

Akan tetapi berdasarkan kebiasaan CPC/BPK Adsense naik pada akhir triwulan (Bulan Maret, Juni, September), akhir tahun, musim liburan dan momentum perayaan penting seperti Ramadhan, Natal dan seterusnya. Karena pada momen-momen tersebut para pengiklan/advertiser menghabis budget yang cukup besar untuk anggaran iklan.

Google sendiri sebagai penyedia layanan iklan menyarankan kepada para Publisher/Mitra Adsense termasuk para Blogger supaya memiliki fokus menaikkan CTR dan Impression untuk meningkatkan pendapatan Adsense.

Berikut merupakan langkah-langkah yang harus ditempuh para Publisher/Mitra Adsense dan juga Blogger untuk meningkatkan pendapatan Adsense.

Memilih Jenis Ukuran Iklan

Sangat penting untuk diperhatikan kaitannya dengan ukuran Iklan Adsense, terdapat ukuran-ukuran tertentu yang memiliki bayaran tinggi:

Jenis Ukuran Iklan Desktop:

  1. Unit Iklan dengan ukuran: 728 x 90;
  2. Unit Iklan dengan ukuran: 336 x 280;
  3. Unit Iklan dengan ukuran: 160 x 600.

Karena sebagai Publisher/Mitra Adsense harus mengikuti perkembangan dimana pengguna internet lebih sering browsing menggunakan smartphone, maka metode manual responsive menjadi pilihan yang terbaik untuk ketiga jenis ukuran iklan Dekstop.

Jenis Ukuran Iklan Mobile:

  • Unit Iklan dengan ukuran: 320 x 100.

Tingkatkan Kualitas Postingan Artikel Website/Blog

Meningkatkan kualitas artikel menjadi sangat penting implikasinya meningkatkan pendapatan Adsense. Idealnya pada setiap postingan artikel lebih banyak mengandung teks kerena lebih informatif dari pada kebanyakan gambar.

Sebab semakin banyak teks akan membuat Google bisa mempelajari tentang apa yang dibahas pada konten artikel yang diposting pada website/blog. Soal penilaian kita serahkan sepenuhnya kepada para pembaca dan juga Google, apakah artikel yang diposting berkualitas atau tidak.

Semakin banyak artikel berkualitas yang diposting dan menjawab kebutuhan Warganet serta mendapatkan apresiasi dari banyak mesin pencari (search engine) seperti Google maka traffic/lalu lintas website/blog akan meningkat, begitu juga dengan pendapatan Google Adsense.

Pilih Niche Blog dengan CPC Tertinggi

Menurut Worthofblog berikut merupakan 10 Niche Blog dengan CPC tertinggi:

  1. Health – Blog tentang Kesehatan
  2. Make Money Online – Blog tentang Bisnis Online
  3. Technology – Blog tentang Teknologi
  4. Relationship – Blog tentang Tips tentang hubungan baik
  5. Celebrities – Blog tentang blog tentang dunia selebritas
  6. Fashion – Blog tentang perkembangan mode, gaya hidup
  7. Insurance – Blog tentang Asuransi
  8. How to Blog – Blog tentang Cara ngeblog, tips blogging
  9. Social Media – Blog tentang tentang Sosial Media
  10. SEO – Blog tentang penjelasan tips dan optimasi Search Engine.

Apakah Anda tertarik untuk menulis? Submit Sekarang!!!

Newbe

Ditulis oleh Mehmed

Penulis Lepas.